Kibarkan Bendera STAIN Jember di Puncak Gunung Rinjani Mataram

HUMAS-Setelah menempuh Lima hari perjalanan dalam pendakian, akhirnya dua mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) berhasil mengibarkan bendera STAIN Jember dipuncak gunung rinjani mataram dengan ketinggian 3.726 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL).
Masing-masing dua mahasiswa itu adalah Hanafi atau mugat (Panggilan untuk rekan pencinta alam), semester tujuh prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Umi Salamah atau Cepas (Panggilan untuk rekan pecinta Alam), semester lima Prodi Kependidikan Islam.
Pendakian gunung rinjani ini merupakan rangkaian program rutinan setiap dua tahun sekali yang dikemas dalam kegiatan Tapak Rinjani ke-7 sebagaimana digelar oleh anggota Mapala Fakultas Ekonomi Universitas Mataram pada tanggal 10-15 September yang lalu. Program pendakian ini diikuti oleh sedikitnya 200 mahasiswa pecinta alam dari berbagai perguruan tinggi lain se indonesia.
“Kami merasa senang dapat mengibarkan bendera STAIN Jember dan juga bendera organisasi Mapala di puncak gunung rinjani, karena tidak semua orang berkesempatan mendaki setinggi gunung rinjani,” Ungkap salah satu pendaki, Umi salamah.
Lebih jauh, mahasiswa semester lima ini juga bercerita terkait perjuangan gigihnya untuk bisa mendaki dengan ketinggian 3.726 meter DPL. Karena ditempat itu, dirinya juga harus menahan hawa dingin yang tidak seperti biasanya, meskipun demikian dirinya bersama anggota yang lain berhasil mengibarkan bendera dipuncak gunung.
Cerita yang sama juga diungkapkan oleh Hanafi, menurutnya untuk mencapai puncak gunung dengan ketinggian lebih dar tiga ribu itu bukanlah persoalan yang gampang, ia bersama rekan pendaki yang lain harus berjalan menyusuri jalan yang cukup terjal dan bertebing selama lima hari, bahkan dirinya harus bermalam dibeberapa pos yang ada selama pendakian, meski demikian ia berhasil hingga puncak gunung.
Mahasiswa yang sering dipanggil mugat dalam komuniats PA ini juga mengurai ragam kegiatan yang dilakukan selama pendakian, antara lain bersih gunung yang dilakukan dengan cara memungut ragam sampah khususnya sampah yang berasal dari plastik untuk dibawa saat ia turun gunung, Kebut Gunung yang dilakukan dengan cara berupaya secepat mungkin agar bisa segera berada dipuncak gunung, Fotografi yang dilakukan dengan cara mengabadikan ragam pemandangan alam yang dilihat dengan rekaman kamera, dan Masak Ala Gunung yang dilakukan bersama tim lainnya untuk membuat menu masakan selama pendakian dengan memperhatikan prinsip cepat saji dan memiliki kadar kesehatan”. Ungkapnya.
Sementara kegiatan pendakian gunung rinjani oleh dua mahasiswa ini, diapresiasi oleh pembina Pecinta Alam, Maskud, M.Si. Katanya pengibaran bendera STAIN Jember dipuncak gunung rinjani dengan ketinggian 3726 MDPL ini merupakan bagian dari prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa STAIN Jember khususnya organisasi pecinta alam. (Minan Jauhari/Roni/HUMAS)
Share on Google Plus

About Nada FM Jember

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar